Mirisnya Hukum di Indonesia

Sudah lama nggak menulis hal yang serius, dan kali ini tidak hanya serius namun juga cukup ‘berat’ untuk ku curahkan. Jeda siang kali ini, waktu ku gunakan untuk melihat dunia melalui detik.com. Aku mencoba tetap (sedikit) update meski aku terlalu sibuk berkutat dengan pekerjaan baruku.

Aku penasaran dengan sebuah judul 8 Orang Divonis Pembunuhan Berencana, Pelaku ABG Dibui 3 Tahun. Lalu aku membaca berita tersebut seperti biasa.

Namun aku terhenti pada satu kalimat, lalu membaca berkali-kali, lantas menelaah benar-benar arti kalimat itu. Meyakinkan sesuatu yang sangat tidak masuk akal terjadi dalam ranah hukum Indonesia.

“Otak pembunuhan Asep Bin Mustofa oleh PN Tangerang divonis bebas karena memang tidak terbukti turut melakukan,” kata kuasa hukum terdakwa Agus Suritno. HELLO!??? Hanya karena dia tidak melakukan dengan kedua tangannya, tidak berarti dia bisa bebas dari hukuman. OTAK adalah sumber dan awal dari pembunuhan BERENCANA itu.

Mirissssss sungguh mirissss membacanya, dan ini adalah kesekian kalinya mendengar berita-berita hukum yang tak berimbang terjadi di Indonesia. Lantas apa arti HUKUM itu sesungguhnya?

Leave a Reply

