6 LANGKAH, SUSUT 6 KG DALAM 6 MINGGU!

Berasa judul iklan diet! Hahaha. Buat yang bertanya, Kok bisa? Rahasianya apa?Diet apa? Mungkin tulisan kecil ini bisa membantu menjawab.

Kembali ke Jakarta, saya memang berniat untuk kembali memulai proses penurunan berat badan yang kalau boleh dibilang gagal selama di Batam haha. Total kenaikan selama di Batam adalah 15 kg, cukup buat panik >_<. Berhubung kenaikan sebanyak itu dalam dua tahun, aku pun menargetkan dalam dua tahun.. yah setidaknya kembali ke berat badan sebelum ke Batam.

Alhamdulillah, hanya dengan 6 minggu, berat badan ku susut 6 kg! Suatu pencapaian yang fantastis untuk ku pribadi! Makanya aku bangga pada usaha dan hasil yang aku dapat. Kamu hebat!!! ‪#‎ngacacantik‬ ^_^.

Cukup 6 langkah, dan detailnya bisa di dapat di Bab VI buku Happy Eating Go Langsing karya Mba Nunny Hersianna. Wow.. angka 6 lagi!

1. Mulai lapar yah makan.
Nah kebiasan dulu makan di jam makan versi jam dinding, diubah menjadi makan sesuai jam tubuh. How? Yah caranya mengenali sinyal tubuh. Setiap orang berbeda, kalau saya sih biasanya perutnya terasa ngak enak. Kalau sinyal ini sudah datang dari tubuh saya, artinya.. waktunya makann!!

2. Cek ulang perasaan.
Duh bahasanya.. haha. Maksudnya ketika sudah siap makan, pastikan emang tubuh sudah butuh asupan. Bukan lapar karena emosi dan makanan jadi pelarian.

3. Bersahabat dengan makanan.
Seperti sahabat, makanan diajak ngobrol? Ya enggaklahh.. Tepatnya kita yang ngobrol sama diri sendiri maunya makan apa. Putuskan apa yang ingin dinikmati hari ini. Sate? Nasi goreng? Atau gado-gado? Lantas nikmati setiap gigitannya.. hemm. yummy.

4. Makanlah dengan mindful
Ini istilah penting dalam ‘Happy Eating Go Langsing’, kalau bahasa lainnya fokus atau istiqomah. Jadi saat makan, nikmati dan resapi setiap detail yang ada dimakanan. Manis, asin, pedas, hargai setiap rasa yang diciptakan saat mengunyah makanan. Maka saya akan cepat puas dengan setiap sendok atau suapan.

5. Berhenti sebelum kenyang!
Ketika kepuasan dalam setiap rasa makananan bisa kita rasakan, maka berhenti sebelum kenyang seperti yang di sunnah kan bisa kita laksanakan. Itu yang saya rasakan dan saya jalani 6 minggu terakhir. Dan perasaan tidak nyaman karena super duper kekenyangan bisa saya hindari ;).

6. Move more!!
Apakah saya melakukan olahraga ekstrim selama 6 minggu ini? Jawabannya tidak sama sekali! Yang disarankan HEGL adalah memperbanyak aktivitas, move more! Yang saya lakukan adalah memaksimalkan pergerakan tubuh saya setiap hari, dengan hanya berjalan kaki. Yap, berjalan kaki! Untuk memperbanyak gerak itu, saya menghindari menggunakan eskalator di stasiun, dan memilih menggunakan tangga untuk mencapai Peron. Move more.. move more.. move more!

Semua detail dari 6 langkah diatas bisa diperoleh dari Buku ‪#‎HEGL‬, namun saya lebih menyarankan ikut kelasnya, karena bukannya hanya ilmu melangsing yang diperoleh, selain ketemu teman-teman baru yang superrr positifff, saya juga banyak belajar nilai hidup di kelas tersebut.

Bagi yang mau join kelas ‪#‎HappyEatingGoLangsing‬ lansung hubungi tetangga sayah Mba Oni. She will help you for any information for this class! Dan sangat sayang kalau dilewatkan.. karena kelas yang terbatas setiap bulannya.

FYI ajah nih! Percaya ngak percaya, sekarang saya bisa memiliki 7-9 jam makan sehari! Yes! Sebanyak ituuuu…

Leave a Reply

